Logo Spektakel

Festival Paraje Kabupaten Sanggau

Festival Paraje Kabupaten Sanggau
© Mau Naufal

9 Agustus 2022 - 10 September 2022
10:00 - 22:00

Keraton Surya Negara Sanggau
Sungai Sengkuang, Kec. Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat 78516
Lihat Peta

gratis/free

Pemerintah Kabupaten Sanggau

Festival Budaya Paradje adalah kegiatan yang biasa dilaksanakan pada setiap tahunnya. Penyelenggaranya adalah Keraton Surya Negara Sanggau. Secara tradisional Upacara Paradje dikenal sebagai ritual pembersihan atau tolak bala oleh masyarakat Sanggau.

Upacara ini terdiri dari tiga kegiatan utama, Karnaval Paradje di mana ​​berbagai benda pusaka, sesaji, dan panji keraton melewati jalan utama Kota Sanggau diarak melewati jalan-jalan utama Kota Sanggau; Tolak Ajong yang mirip dengan tradisi melarung di banyak budaya di Indonesia sebagai wujud rasa syukur dan permohonan perlindungan dari marabahaya; serta Tabur Bunga.

Seiring perjalanannya, Festival Paradje berkembang dan acara ini turut menghadirkan beberapa kegiatan lainnya seperti lomba sampan, lomba bergambus, lomba hadrah, hingga pasar rakyat dan ragam jenis hiburan.

Setiap tahunnya festival ini dihadiri seluruh pengurus Majelis Adat Budaya Melayu Kota Sanggau. Selain itu juga pihak keraton juga mengundang petinggi-petinggi Kerajaan Melayu tetangga dari Brunei Darussalam serta Malaysia. 

Disclaimer

Perubahan tanggal, pembatalan acara dapat terjadi dan bukan tanggung jawab dari Spektakel.id

Mari bergabung bersama kami berkontribusi memajukan seni budaya Indonesia. Kirimkan data kegiatan di sekitarmu ke kontak@spektakel.id

Kirim Info Kegiatan