Logo Spektakel

Robo-robo Kabupaten Mempawah

Robo-robo Kabupaten Mempawah
© Amazing Borneo

Invalid Date - 14 Oktober 2022
09:00 - 23:00

Kuala Mempawah
-
Lihat Peta

gratis/free

Pemerintah Kabupaten Mempawah

Robo-robo adalah upacara adat tolak bala bagi masyarakat Kota Mempawah, Kalimantan Barat. Robo-robo berasal dari kata Rabu karena gelaran ini biasa digelar pada hari Rabu terakhir Bulan Safar dalam kalender Hijriah. Tahun ini, perayaan itu jatuh pada 14 September 2022, dan festivalnya akan digelar sampai 14 Oktober 2022

Secara tradisional, jelang perayaan Robo-Robo, biasanya mayarakat akan rutin menggelar makan bersama seminggu sekali di luar rumah selama Bulan Safar. Baru kemudian Robo-Robo digelar lewat selamatan dan pembacaan doa bersama disertai napak tilas masuknya Opu Daeng Manambon ke Mempawah yang konon merupakan penyebar agama Islam di daerah tersebut pada masa itu. 

Biasanya oleh raja-raja dan anak keturunan dari Raja Istana Amantubillah Mempawah serta masyarakat dengan sajian ragam hiburan tradisional seperti jepin, tundang atau pantun berdendang, lomba perahu bidar serta penampilan adat dan budays Melayu Mempawah.

Namun, tahun ini acara Robo-Robo digelar berbeda dengan sentuhan yang lebih modern. Selain acara selamatan, perayaan Robo-Robo tahun ini juga akan diramaikan dengan pesta rakyat yang digelar selama sebulan penuh. Dibuka dengan acara doa bersama dan ajang makan bersama Kue Tambol (kue tradisional sebanyak 75 jenis), perayaan Robo-Robo 2022 akan dilanjutkan dengan bazar dan ragam hiburan untuk masyarakat. 

Disclaimer

Perubahan tanggal, pembatalan acara dapat terjadi dan bukan tanggung jawab dari Spektakel.id

Mari bergabung bersama kami berkontribusi memajukan seni budaya Indonesia. Kirimkan data kegiatan di sekitarmu ke kontak@spektakel.id

Kirim Info Kegiatan