Logo Spektakel
Banda, Perjalanan Sejarah dan Rempah

Home > Plesir > Situs >

Banda, Perjalanan Sejarah dan Rempah

Banda, Perjalanan Sejarah dan Rempah

03/09/22

Penelurusan sejarah peradaban rempah, membuat selai Pala, hingga memanen bagan-bagan ikan bersama masyarakat Banda.

Titik Pertemuan: Ambon

Durasi Perjalanan: 5 Hari 4 Malam

Peserta Maksimal: 10 orang

Harga Paket: Rp6.820.000 - Rp31.800.000 (kontak kami untuk detail)

 

Banda Neira, serpihan surga di timur Indonesia. Terkenal sejak lama dengan produksi rempah-rempahnya, yang membuat bangsa-bangsa Eropa datang ke Nusantara, Banda Neira hingga hari ini masih menyimpan catatan sejarah yang bisa terus digali. Rumah pengasingan Muhammad Hatta dan Syahrir masih berdiri tegap. Enam tahun lamanya mereka diasingkan di Banda. Benteng-benteng peninggalan masa kolonial pun dapat kita tengok, saksi bisu sejarah panjang dan rumit dari kepulauan cantik ini. Seperti Benteng Belgica di Pulau Banda dan Benteng Nassau di Pulau Neira. 

Perjalanan ini tidak hanya mengajak Anda untuk menikmati keindahan alam Kepulauan Banda, tetapi mengalami keseharian masyarakat Banda Neira. Mulai dari mengunjungi perkebunan rempah, menelusuri peninggalan sejarah kolonial, membuat selai Pala, hingga mengunjungi dan memanen bagan-bagan ikan milik penduduk setempat.

Anda akan tinggal di rumah penduduk — untuk mengalami keseharian yang nyata. Mengikuti ritus masyarakat setempat dan mensyukuri lanskap alam yang menakjubkan.

Rencana Perjalanan

Hari Pertama

Setelah berkumpul di bandara Ambon, kita menuju pelabuhan Tulehu untuk menyeberang ke Banda Neira. Tiba di Banda Neira, check-in penginapan di tempat tuan rumah, istirahat, makan siang, dan tur sejarah kota. Sore hari akan menyusuri pantai-pantai hingga waktu makan malam tiba.

Hari Kedua

Hari berikutnya setelah sarapan bersiap untuk snorkeling ke Pulau Hatta dan Pulau Rhun (pulau yang ditukar oleh Kerajaan Belanda dengan Manhattan, New York). Pada siang hari kita akan beristirahat sambil bersantap hidangan prasmanan dengan menu masakan rumah khas penduduk Banda di pantai. Sore hari kembali ke penginapan. Waktu bebas hingga makan malam di tempat tuan rumah.

Hari Ketiga

Di hari ketiga, setelah sarapan kita akan mengunjungi perkebunan Pala. Di sini kita juga akan belajar langsung dari pemilik kebun tentang cara memanen serta mengolah buah Pala.  Kemudian kita akan belajar untuk membuat selai Pala. Perjalanan kita akan dilanjutkan dengan kunjungan ke benteng-benteng di Pulau Banda dan/atau Neira. 

Kita akan kembali ke penginapan pada sore hari. Setelah makan malam, kita akan ke rumah tempat pengasingan Hatta dan Syahrir untuk berbincang mengenai masa pengasingan mereka di Banda.

Hari Keempat

Esok hari, kita akan mengunjungi pasar serta bagan ikan sekaligus belanja ikan yang akan diolah untuk makan siang.  Setelah makan siang kita akan snorkeling di Pulau Pisang, kemudian kembali ke Pulau Neira dan acara bebas hingga waktu makan malam. Pada hari ini kita dapat pula melakukan trekking ringan ke puncak Gunung Api, bila tidak melakukan kegiatan snorkeling (optional).

Hari Kelima

Hari terakhir di Banda, check-out penginapan setelah sarapan, mencari oleh-oleh, lalu kembali ke Ambon. Trip selesai.