Logo Spektakel
Laut Biru Derawan & Maratua

Home > Plesir > Situs >

Laut Biru Derawan & Maratua

Laut Biru Derawan & Maratua

03/09/22

Perjalanan ini mengajak Anda menikmati bentangan pantai pasir putih dan mengalami langsung keramahan masyarakat Dayak pesisir.

Titik Pertemuan: Bandar Udara Juwata, Tarakan

Durasi Perjalanan: 5 hari 4 malam

Peserta Maksimal: 10 orang

Harga Paket: Rp6.300.000 - Rp26.0000.000 (tanpa menyelam, kontak kami untuk detail)

 

Kepulauan di sisi timur pulau Kalimantan ini belakangan sangat terkenal di kalangan wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Laut biru bening dengan pasir putih menghampar menjadi ciri khas gambaran ideal suatu tempat impian. Di kepulauan ini kedua hal tersebut terwujud nyata.

Belum lagi berbagai tambahan lain seperti tempat persinggahan hiu paus (whale shark, Rhincodon typus) dan danau ubur-ubur tanpa sengat yang kemudian menjadi bonus jika kita pergi ke kepulauan cantik ini. Tetapi tak lupa akan kami suguhkan kehangatan khas seni budaya masyarakat Dayak pesisir, orang-orang yang berdiam di kepulauan ini, sehingga kita akan senantiasa ingat bahwa kita masih dalam lingkar Nusantara, Indonesia.

Rencana Perjalanan

Hari Pertama

Setelah mendarat di Bandar Udara Juwata, Tarakan, kita akan makan siang dan mengikuti pengarahan sejenak. Selesai makan siang kita akan menuju Pelabuhan Tangkayu untuk menyeberang dengan kapal cepat menuju Maratua. Setiba di Maratua kita akan check-in di Maratua Resort. Setelah menikmati senja, perjalanan akan dilanjutkan dengan makan malam dan istirahat.

Hari Kedua

Keesokan hari kita mengunjungi Maratua. Dalam perjalanan ini akan disuguhkan berbagai bentuk seni dan budaya asli Maratua. Setelah makan siang bersama masyarakat lokal, kita kembali ke resort untuk check-out dan pindah menuju pulau Derawan. Tiba di Derawan, kita akan check-in di resort. Selanjutnya, Anda bisa berenang di sekitar resort yang dikelilingi air biru bening yang berarus tenang. Pilihan lainnya, Anda bisa bersantai sambil menikmati senja di dermaga Derawan. Kita akan berkumpul lagi untuk makan malam di resort dan istirahat.

Hari Ketiga

Di hari ketiga, setelah selesai sarapan di hotel, kita akan berkeliling ke beberapa destinasi, seperti Danau Kakaban, Laguna Kakaban, Gusung pasir, Pulau Sangalaki, dan Goa Ikan sambil mencari Manta. Makan siang akan dilakukan dalam perjalanan. Selesai eksplorasi kepulauan Derawan, kita akan kembali menuju resort, makan malam, lalu istirahat. Di hari ketiga ini pula menyelam bisa dilakukan. Ada beberapa spot menarik di sekitar Pulau Sangalaki, tak salah jika ia dijuluki Ibukota Manta. Selain tentu hamparan terumbu karang aneka rupa yang sulit dilupakan setelah melihatnya. 4 hingga 6 kali penyelaman dapat dilakukan di hari ini. 

Hari Keempat

Di hari keempat, kita berkeliling dan menikmati kedamaian Derawan. Setelah makan siang kita check-out dan kembali menuju Tarakan dengan kapal cepat. Setelah check-in hotel di Tarakan, kemudian kita akan menuju Labuan Cermin yang terkenal itu. Kita akan malam kuliner lokal Kalimantan Timur. Di pagi hari bagi yang ingin menyelam, 2 hingga 3 penyelaman dapat dilakukan di sekitar Pulau Derawan. 

Hari Kelima

Di hari terakhir ini, kita akan check-out hotel kemudian mengunjungi hutan mangrove tempat tinggal Bekantan dan dilanjutkan pergi mengunjungi rumah adat Kalimantan. Setelah makan siang kita menuju Bandar Udara Juwata dan kembali ke kota masing-masing. Perjalanan selesai.