Logo Spektakel
Petualangan Snorkeling dan Scuba di Taka Bonarate

Home > Plesir > Situs >

Petualangan Snorkeling dan Scuba di Taka Bonarate

Petualangan Snorkeling dan Scuba di Taka Bonarate

03/09/22

Menjelajah kawasan atol terluas di Asia Tengggara.

Titik Pertemuan: Bandara Selayar

Durasi Perjalanan: 6 hari 5 malam

Peserta Maksimal: 10 orang

Harga Paket: Rp6.900.000 - Rp26.000.000 (tanpa menyelam, kontak kami untuk detail)

 

Taman Nasional Taka Bonerate merupakan kawasan terumbu karang atol seluas 220.000 hektare. Kawasan ini diidentifikasi sebagai atol terluas di Asia Tenggara, dan ketiga terluas di dunia setelah atol Kwajilein di Kepulauan Marshall dan atol Suvadiva di Maladewa. Taka Bonerate adalah kawasan kepulauan di semenanjung selatan Pulau Sulawesi yang dikenal juga sebagai “Kepulauan Macan”.

Sebagai kawasan terumbu karang atol terluas di Asia Tenggara dengan tingkat biodiversitas yang sangat tinggi nan langka dan dilindungi, maka kawasan Taka Bonerate ditetapkan sebagai Taman Nasional dengan luas kawasan 530.765 hektare. Secara administratif, kawasan ini merupakan bagian wilayah Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kawasan ini terdiri dari pulau-pulau dan laguna-laguna, umumnya terbentuk dari endapan pasir dan bioerosi (pecahan terumbu karang dan kerang-kerangan), yang sudah mengalami pembulatan, pelapukan sehingga terbentuk tanah-tanah muda. Kawasan ini selain terdiri atas puluhan taka dan bungin juga terdapat 21 buah pulau-pulau kecil. Pulau-pulau yang ada di kawasan Taka Bonerate mempunyai ketinggian sekitar 3-4 mdpl.

Rencana Perjalanan

Hari Pertama

Di hari kedatangan, kita berkumpul di tempat pertemuan kemudian menuju Pelabuhan Pattumbukan untuk berlayar ke Pulau Jinato dengan waktu tempuh sekitar 5-6 jam. Kita akan menginap di Pulau Jinato. Istirahat dan makan malam di penginapan warga.

Hari Kedua

Di hari kedua, kita hunting sunrise di depan kantor TN. Takabonerate mulai pukul 5 pagi, kemudian sarapan dan siap-siap melanjutkan perjalanan ke Pulau Tinabo. Sepanjang perjalanan kita akan snorkeling/diving di sekitaran Pulau Jinato kemudian mampir ke Pulau Lantigiang. Selanjutnya kita snorkeling di Rajuni besar dan selanjutnya berlayar ke Tinabo untuk beristirahat. Di hari kedua ini program diving dapat di mulai. Dengan 3 titik selam yang jadi rekomendasi di Takabonerate yaitu, Ibel Orange, Coral Garden, dan Dive Wall Reef.

Hari Ketiga

Di hari ketiga, kita pergi menyelam ke Taka Gantarang/Sumur Ikan (tergantung pasang surut air). Kemudian diving di spot Tinanja (1 kali) dan spot Tarupa (dapat dilakukan 2 kali). Selanjutnya, kita akan kembali ke Pulau Tinabo, kemudian istirahat. 

Hari Keempat

Hari selanjutnya, setelah sarapan kita akan snorkeling/berenang di Lantondu, kemudian mampir ke Bungin Tinabo. Kemudian kembali ke Tinabo untuk beristirahat sambil menikmati pulau kecil nan indah ini..

Hari Kelima

Di hari kelima, kita packing jam 8 pagi untuk kembali menuju Selayar. Kita akan mampir di pantai timur Selayar dan selanjutnya kembali ke Selayar. Check-in penginapan dan lanjut ke Liang Kareta. Makan malam di Kota Benteng.

Hari Keenam

Hari keenam adalah hari akhir pejalanan, pulang menuju Makassar (drop off airport Selayar). Perjalanan selesai.